Cara Mudah Menghapus section break di microsoft word 2007, 2010, 2013 dan 2016

Di artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara menghilangkan section break yang terdapat dalam dokumen ms word. tapi sebelum itu saya akan jelaskan sedikit mengenai apa itu section berek di dokumen ms word.

Section break adalah fitur yang terdapat di aplikasi microsoft word yang berfungsi agar setiap page atau lembar dokumen dalam satu file dokumen ms word bisa kita buat berbeda-beda layoutnya satu sama lain.

Di dalam satu dokumen microsoft word terkadang memiliki lebih dari satu halaman, dan umumnya setiap dokumen akan memiliki layout yang sama satu sama lain, namun untuk beberapa kasus terkadang kita ingin membuat beberapa halaman layoutnya ingin dibuat berbeda.

Sebagai contoh misalnya membuat orientasi halaman berbeda (sebagian halaman orientasinya portrait dan sebagian lagi orientasinya landscape) atau terkadang juga kita ingin membuat beberapa halaman memiliki header dan footer sementara halaman lainnya tidak, atau dalam hal penomoran halaman terkadang untuk beberapa dokumen penomoran halaman ingin dibuat berbeda baik format penomorannya maupun tata letaknya.

Untuk membuat hal semacam itu maka fitur aplikasi microsoft word yang bisa kita manfaatkan adalah fitur section break yang terdapat di menu Page Layout > Breaks > (section break). seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Dengan memanfaatkan fitur tersebut, untuk membuat halaman berbeda dalam satu dokumen akan sangat mudah, sehingga lebih praktis dan file dokumen wordnya pun tidak perlu dipisah.

Untuk melibatkan section break pada lembar dokumen caranya pun sebenarnya cukup mudah, namun yang sering menjadi permasalahan adalah, bagaimana jika section break yang sudah kita masukan di halaman microsoft word ingin dihapus.

Tentunya microsoft word selain menyediakan fasilitas untuk memasukan section break pada dokumen juga menyediakan fasilitas untuk menghapusnya, namun sayangnya fasilitas untuk menghapus section break tidak disajikan dalam menu khusus, untuk menghapus section break di ms word, ada cara-cara khusus yang harus dilakukan yang tidak banyak orang tahu.

Cara Mudah Menghapus section break di microsoft word 2007, 2010, 2013 dan 2016

 Ada alasan-alasan tertentu kenapa section breaks yang terdapat dalam sebuah dokumen yang sudah dibuat sebelumnya ingin dihapus, bisa karena lembar dokumen ingin dibuat seragam satu sama lain, atau karena section break yang disajikan dalam dokumen membuat isi dokumen mencadi acak-acakan, atau muncul halaman kosong karena salah page break dan alasan lainnya.

Apapun alasannya, jika anda ingin menghapus section breaks yang terdapat dalam dokumen ms word, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Cek apakah lembar dokumen memiliki section breaks.
Untuk mengetahui bahwa dalam dokumen sudah dibuat section breaks, caranya cukup mudah, double klik saja pada bagian header salah satu dokumen.

Maka akan kelihatan seperti gambar di bawah ini:

Cara menghapus sections break di word

Jika muncul nama section berbeda untuk setiap lembar halaman seperti gambar di atas, itu artinya pada dokumen sudah dimasukan section breaks.

2. Hapus Section Breaks 
Jika dokumen anda sudah terdapat section breaks dan ingin dihapus, maka langkah-langkah untuk menghapusnya adalah sebagai berikut:

a. Pilih menu  View > Draft

b. Pada tampilan draft, scroll ke atas dan ke bawah hingga anda dapat melihat tanda garis dengan tulisan

====================Section break (next page)=======================

Seperti gambar di bawah ini:

 Pada dokumen anda mungkin bisa lebih dari satu garis seperti gambar di atas.

 c. Untuk menghapus section break, pilih section break yang ingin dihapus, lalu silahkan arahkan kursor di bagian paling kiri garis, lalu tekan tombol delete pada keyboard.

 Garis tersebut akan menghilang, dan itu artinya section break untuk halaman yang dimaksud sudah terhapus.

Jika anda ingin menghapus section break yang mungkin ada di halaman lainnya, silahkan lakukan hal yang sama satu persatu.

Oh ya... penghapusan section break dengan cara di atas hanya dapat dihapus satu persatu, saya belum menemukan triknya bagaimana cara menghapus section break secara sekaligus.

Tapi jika anda tahu caranya anda bisa berbagi  informasi di kolom komentar.

Semoga cara menghapus section break di atas bermanfaat untuk anda. selamat mencoba.

9 Responses to "Cara Mudah Menghapus section break di microsoft word 2007, 2010, 2013 dan 2016"

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel