Mengenal Ukuran amplop putih panjang standar indonesia di microsoft word

Amplop umumnya digunakan sebagai pelindung surat dan juga sekaligus sebagai cover atau bungkus surat yang bisa memproteksi surat agar tidak bisa dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan, sehingga isi di dalam amplop akan tetap aman baik dari keterbukaan informasi maupun dari kerusakan.

Di indonesia sendiri ada banyak sekali standar ukuran amplop yang sering sekali digunakan, selain itu warnanya pun bermacam-macam, ada amplop dengan warna putih bersih ada juga amplop dengan warna coklat polos. umumnya amplop warna putih biasanya dilengkapi dengan perekat dan ukurannya umumnya berbentuk panjang (paperline panjang).

Sementara untuk amplop yang berwarna coklat biasanya tidak dilengkapi dengan perekat, beberapa mungkin hanya dilengkapi dengan tali  saja, dan sisanya tidak, selain itu amplop kertas coklat polos ukurannya bermacam-macam ada yang besar dan ada yang kecil seperti amplop putih.

Penggunaan amplop coklat dan putih biasanya sedikit berbeda, amplop coklat besar misalnya banyak sekali digunakan untuk mengirim dokumen, sementara yang ukuran kecil banyak digunakan untuk membungkus uang gaji dan semacamnya.

Sementara amplop yang berwarna putih polos dengan bentuk paperline panjang, banyak sekali digunakan untuk, surat undangan (amplop kondangan), surat menyurat baik surat dinas maupun surat lainnya.

Ketika amplop digunakan untuk surat dinas, atau untuk amplop kondangan maka umumnya amplop harus dilengkapi dengan kop atau lebel nama, tentu saja pembuatanya harus menggunakan bantuan komputer, salah atu aplikasi untuk membuat kop surat pada amplop adalah aplikasi microsoft word.

Di microsoft word sendiri pembuatan kop surat maupun label undangan pada bagian luar amplop bisa dikerjakan secara mudah, karena microsoft word sudah menyediakan standar ukuran amplop di seluruh dunia, sehingga ketika kita ingin print kop surat pada bagian luar amplop, kita tidak perlu repot-repot harus menentukan ukuran amplop secara manual, cukup dengan memilih kode standar amplop yang disediakan microsoft word, maka ukuran amplop pun akan ditentukan secara otomatis.

Mengenal standar ukuran amplop putih panjang di microsoft word.

Ukuran amplop di indonesia memiliki standar tersendiri, namun hampir semua ukuran amplop sudah disediakan di microsoft word.

Untuk print amplop menggunakan aplikasi microsoft word, maka sebelum amplop diisi dan di-print, kita harus menyiapkan formatnya terlebih dahulu, pengaturan pertama yang harus kita tentukan adalah pengaturan ukuran kertas untuk amplop tersebut, sehingga ketika diprint hasilnya bagus.

Untuk anda yang kebetulan masih asing dengan ukuran standar amplop yang tersedia yang terdapat di indonesia, maka artikel berikut akan menguraikan ukuran amplop standar yang harus anda ketahui yang bisa anda pilih di aplikasi ms word.

Berikut beberapa jenis ukuran standar pada amplop putih panjang di indonesia yang bisa dipilih di aplikasi microsoft word.

1. Amplop C4
Ukuran 229 × 324 mm (9 x 12.8 inci). Amplop C4 sesuai untuk kertas A4.

2. Amplop C3
Ukuran 324 × 458 mm (12.8 x 18 inci). Amplop C3 sesuai untuk kertas A3.

3. Amplop B6
Ukuran 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci). Amplop B6 sesuai untuk kertas C6.

4. Amplop B4
Ukuran 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci). Amplop B4 sesuai untuk kertas C4.

5. Amplop E4
Ukuran 280 × 400 mm (11 x 15.75 inci). Amplop E4 sesuai untuk kertas B4.

6. Amplop C7
Ukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci). Amplop C7 sesuai untuk kertas A7 (atau kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

7. Amplop C7/C6
Ukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A5.

8. Amplop C6
Ukuran 114 × 162 mm (4.5 x 6.4 inci). Amplop C6 sesuai untuk kertas A6 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali).

9. Amplop C6/C5
Ukuran 114 × 229 mm (4.5 x 9 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A4.

10. Amplop C5
Ukuran 162 × 229 mm (6.4 x 9 inci). Amplop C5 sesuai untuk kertas A5 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

Dll.

Persiapan Print amplop di microsoft word

Jika anda tidak mengenal model amplop yang anda gunakan, maka sebelum kita membuat format print untuk amplop tersebut, sebaiknya kita mengetahui ukuran amplop tersebut:

a. Slahkan Ukur amplop menggunakan mistar, lalu catat (dalam milimeter /mm) berapa panjang dan tingginya, cocokan dengan ukuran amplop di atas (siapa tau ada).

b. Buka aplikasi microsoft word (ms word 2007, 2010, 2013 atau 2016), pilih menu Mailings > Enploves


 c. Pada dialog Enploves & Label yang muncul, pilih tombol Options... untuk memilih ukuran Amplop.

d. Pada dialog Enploves Options, untuk opsi Enploves Size: Pilih model atau ukuran amplop sesuai dengan ukuran aplop yang anda gunakan,


Jika ukuran tidak ada yang cocok, anda bisa memilih Custome size... di pilihan paling bawah untuk menentukan sendiri ukuran amplop sesuai dengan ukuran amplop yang anda gunakan, lalu silahkan tentukan sesuai dengan ukuran amplop anda.

0 Response to "Mengenal Ukuran amplop putih panjang standar indonesia di microsoft word"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel