Cara Mudah Mengunci Tulisan / Teks MS. Word Agar tidak bisa diedit

Di artikel kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara mengunci atau memproteksi seluruh maupun sebagian tulisan atau teks pada dokumen microsoft word (ms word) agar tidak bisa diedit maupun di copy paste oleh orang lain.

Siapa yang tidak kenal dengan microsoft office, boleh dibilang software yang satu ini merupakan aplikasi wajib yang harus terinstal di komputer, terutama komputer kantor, aplikasi microsoft office benar-benar sangat diperlukan, salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dari paket microsoft office ini adalah microsoft words.

Microsoft word merupakan sebuah software atau aplikasi yang kebanyakan digunakan untuk mengetik (mengolah dokumen), sampai saat ini microsoft word sudah beberapa kali direlease, dari mulai microsoft word 2000.... 2003, 2007, 2010, 2013, dan release yang terakhir adalah microsft word 2016.

Release terbaru microsft word benar-benar sangat menyesuaikan dengan keperluan pengguna, terutama kemudahan dan fitur yang semakin lengkap, salah satu fitur yang cukup bermanfaat yang ditawarkan oleh ms word adalah fitur keamanan untuk mengunci sebagian maupun seluruh text atau tulisan di dalam dokumen ms word.

Dengan adanya fitur pengunci file word ini maka setiap teks pada dokumen microsoft word tidak akan bisa dicopy paste maupun diubah sembarangan oleh orang lain , kecuali tau kunci untuk membukanya.

Tapi sayangnya masih banyak pengguna mincrosoft word yang belum memanfaatkan fitur pengunci ini, bahkan ada saja yang sudah tau fitur ini namun masih belum tau cara menggunakannya.

Oleh karena itu di artikel sederhana ini saya akan coba memberikan tutorial sederhana bagaimana cara mengunci file maupun teks pada dokumen microsft word sehingga lebih aman dari pencurian tuliasan.

Cara Mudah Mengunci Teks Dokumen microsoft word.

Cara mengunci word agar tidak bisa di edit ini saya khususkan untuk microsoft word 2007, ms word 2013 dan ms word 2016, karena mengingat versi tersebut adalah versi yang paling banyak digunakan saat ini dan beberapa pengaturan menu nya tidak jauh berbeda satu sama lain.

Namun di tutorial kali ini saya menggunakan ms word 2013, tenang saja karena langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan ms word di bawahnya 2007, maupun 2016, cuma beda-beda sedikit saja.

Langkah-langkah untuk mengunci file dan teks microsoft word adalah sebagai berikut:

1. Buka dokumen ms word yang ingin anda protek agar tidak bisa diedit maupun di copy paste oleh orang lain.

2.  Pada halaman utama ms word, pilih menu Review > kemudian pilih Restrict editing


Maka akan muncul pengaturan untuk memproteksi dokumen ms word anda di samping sebelah kanan.

3. Pada pengaturan yang muncul, silahkan centang pada pilihan "Allow only this type of editing in the document", lalu pilih opsi Filling in forms, terlihat seperti gambar di bawah ini:

cara mengunci teks dokumen ms word

Setelah itu lalu tekan tulisan Yes, Start Enforcing Protection, di bagian bawahnya, maka akan muncul dialog yang meminta anda untuk memasukan password untuk memproteksi dokumen ms word anda.

4. Berikutnya, silahkan seting password untuk dokumen anda pada dialog yang muncul, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Pastikan password yang anda masukan tidak lupa, karena password tersebut nanti digunakan untuk membuka proteksi dokumen ms word anda sehingga bisa diedit kembali.

Dengan mengaktifkan proteksi msword maka dokumen anda tidak akan bisa di edit maupun di copy paste oleh siapapun.

Cara membuka proteksi ms word agar bisa di-edit

Setelah dokumen ms word anda berikan proteksi, maka dokumen tersebut tidak akan bisa di edit maupun di copy paste / disalin, namun itu bukan berarti tidak bisa diedit selamanya. anda pun bisa membuka proteksinya kembali jika diperlukan.

Untuk membuka dokumen ms word yang sudah diproteksi sebelumnya, maka langkah-langkahnya hampir sama ketika anda ingin memproteksi doumen tersebut.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka dokumen ms word yang sudah diproteksi sebelumnya.

2. Pilih Menu Review > Restrict Editing

3. kemudian pada tampilan yang muncul di bagian kanan, silahkan tekan saja tombol stop protection, terlihat seperti gambar di bawah ini:

membuka proteksi dokumen ms word


4. Kemudian silahkan masukan password proteksi dokumen microsoft word anda.


Setelah password di masukan tekan saja tombol OK.

Tapi pastikan password yang anda masukan benar, jangan sampai salah, jika salah atau lupa password, maka dokumen ms word anda tidak akan bisa diedit selamanya.


Cara mengunci Sebagian teks dokumen ms word?

Cara di atas adalah cara yang dapat anda gunakan untuk mengunci seluruh teks pada dokuemen microsoft word anda, sehingga tidak bisa dimodifikasi atau disalin, lalu bagaimana jika yang ingin kita proteksi hanya sebagaian teks atau tulisan saja.

Ternyata selain untuk memproteksi atau mengunci seluruh teks pada dokumen, ms word juga bisa kita gunakan untuk mengunci sebagian teks pada dokumen, jadi nanti yang tidak bisa diedit maupun di salin hanya tulisan-tulisan pada bagian yang diproteksi nya.

Langkah-langkah untuk mengunci sebagian teks dokumen ms word agar tidak bisa di edit atau disalin adalah sebagai berikut:

1. Buka dokumen ms word anda.

2. Seleksi pada tulisan/ teks yang tidak ingin anda kunci agar tulisan tersebut masih bisa di edit maupun di salain, dan jangan seleksi pada tulisan yang ingin diproteksi,

Untuk memudahkan melakukan seleksi tekan tombol CTRL ketika anda menyeleksi tulisan menggunakan mouse, kurang lebih seperti tampilan di bawah ini:

Cara proteksi sebagian tulisan di ms word

3. Lalu Pilih Menu Review > Restrict editing

4.  Pada tampilan yang muncul lakukan pengaturan berikut:

  • Ceklis Limit Formating to a selections of styles
  • Ceklis juga pada Allow only this type of editing in the document, kemudian pilih opsi comments
  • Pada opsi group ceklis everyone
Terlihat seperti gambar di bawah ini:

cara mengunci sebagian tulisan dokumen ms word


Kemudian tekan tombol "Yes, Start enforcing protection" di bagian bawah.

Lalu silahkan masukan password proteksi anda.

Dengan pengaturan di atas, maka teks yang anda seleksi masih akan bisa di edit sementar tulisan yang anda tidak seleksi tidak akan bisa diedit atau disalin.

Itulah mengenai cara mengunci sebagian teks atau tulisan pada dokumen ms word agar tidak bisa diedit atau di salin (copy paste).

Cara di atas saya lakukan di ms word 2013, namun bisa juga anda gunakan di ms word 2007, microsoft word 2010, maupun ms word 2017, karena ketiga versi ms word di atas memang dari sisi tampilan maupun  persentasi menunya tidak jauh berbeda.

Demikian artikel sederhana mengenai cara mudah mengunci teks dokumen ms word baik full maupun sebagian tulisan saja, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Cara Mudah Mengunci Tulisan / Teks MS. Word Agar tidak bisa diedit"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel