Mengenal Apa itu Google Spreadsheet, google docs dan google slide beserta fungsinya ?

Barangkali sudah tidak asing dengan google, kebanyakan orang tau google dengan mesin pencarinya, bahwa untuk jika ingin mencari sesuatu di internet maka situs yang bisa digunakan untuk membantu menemukan apa yang kita cari adalah google.com.

Tapi sebenarnya kehadiran google bukan hanya sebatas mesin pencari saja, saat ini google memiliki banyak sekali aplikasi online yang bisa digunakan oleh pengguna internet secara gratis, google menghadirkan berbagai macam aplikasi yang dapat membantu pengguna internet untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Selain mesin pencari beberapa aplikasi google yang cukup berguna dan sangat bermanfaat adalah adanya paket aplikasi seperti microsoft office namun dapat dioperasikan secara online. beberapa aplikasi semacam microsoft office yang dihadirkan google diantaranya adalah.


Keberadaan aplikasi google tersebut  dapat membantu anda untuk membuat dokumen kantor secara online, seperti untuk mengetik, menghitung, dan membuat presentasi, sekaligus menyimpannya di google drive.

Aplikasi google di atas terintegrasi langsung dengan google drive anda, dan setiap kali anda membuat dokumen dengan aplikasi google di atas, file atau dokumen anda akan tersimpan secara otomatis di google drive anda yang bisa anda kelola seperti layaknya di komputer sendiri.

Bagaimana Cara menggunakan Aplikasi google sheet, docs dan google slide tersebut ?


Untuk menggunakan aplikasi google dokumen di atas baik itu google sheet, google docs dan google slide, anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu, jika belum punya silahkan buat akun email google terlebih dahulu.

Setelah anda memiliki email google, maka secara otomatis anda akan memiliki google drive sebagai ruang penyimpanan online dari google dengan kapasitas sebesar 15Gb, ruang penyimpanan tersebut dapat anda gunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen anda, baik dokumen dari komputer anda maupun dokumen dari google docs, google spreadsheet dan google slide yang anda buat, layaknya seperti flashdisk online.

Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi google docs, google sheet dan google slide adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke google situs google drive (drive.google.com

2. Lalu Login dengan menggunakan akun Gmail anda.

3. Untuk membuat dokumen online langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Di halaman google drive silahkan anda klik tombol new,

b. Pilih saja jenis dokumen yang ingin anda buat.



  • Jika ingin membuat dokumen seperti microsoft word, silahkan anda arahkan mouse anda pada menu Google Docs > Blank dokumen
  • Jika ingin membuat spreadsheet atau dokumen ms excel online untuk menghitung, maka pilih saja menu Google Sheets > Blank Dokumen
  • Sedangkan jika ingin membuat Presentasi secara online layaknya microsoft power point, maka anda bisa memilih menu Google Slides > Blank dokumen.

Pengoperasian ketika aplikasi online di atas sama halnya seperti ketika anda menggunakan aplikasi ms word, seperti layaknya microsoft excel, word maupun power point.

Namun jika menggunakan aplikasi google di atas, dokumen yang anda buat akan secara otomatis tersimpan di penyimpanan google drive anda, yang akan tersimpan dengan aman dan bisa anda akses darimanapun selama ada internet.

0 Response to "Mengenal Apa itu Google Spreadsheet, google docs dan google slide beserta fungsinya ?"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel