Cara Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words

Cara Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words - Untuk membuat karya ilmiah atau skripsi memang tidak sembarangan, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi salah satunya adalah ukuran keretas, penomberan halaman, ukuran tulisan, jarak paragraph tulisan, margin dan lain sebagainya.

Karya ilmiah biasanya harus menggunakan kretas ukuran A4 dengan berat  80 gram perlembar, menggunakan spasi 1,4 sampi 2 space, ukuran tulisan adalah 12 px dan jenis font adalah times new roman, sedangkan untuk margin halaman di indonesia memiliki standar tersendiri biasanya menggunakan ukuran centimeter (cm), dengan batasan halaman harus memiliki margin TOP) 4 cm, LEFT (kiri) 4 cm, BOTTOM (bawah) 3 cm dan RIGHT (kanan) 3cm, margin adalah batas halaman atas, kiri bawah dan kanan.


Jika anda kebetulan pemula menggunakan ms words dan anda kesulitan mengatur margin, maka di kesempatan kali ini saya akan coba uraikan langkah-langkah bagaimana cara mengatur margin halaman untuk skripsi atau tesis sehingga anda bisa dengan mudah mengaturnya sendiri.

Cara Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words

Berikut adalah cara mengatur margin halaman untuk skripsi atau karya ilmiah:

A.  Atur ukuran ke Centimeters

Langkah pertama yang harus dipastikan adalah bahwa unit atau ukuran yang digunakan di ms words yang sedang anda gunakan adalah centimeters (cm), untuk mengatur agar ukuran yang digunakan centimeter maka langkahnya adalah sebagai berikut:

1. pilih menu file > options

2. pada words option silahkan cari menu advanced di sebelah kiri, kemudian scroll ke bawah dan temukan kategori pengelompokan dengan nama display, sepeti gambar di bawah ini:

words options

Lihat pada label "show measurements in units of:" jika pilihan bukan centimeters, silahkan anda pilih centimeters, kemudian tekan tombol ok.

dengan pengaturan di atas maka aplikasi ms words yang anda gunakan sekarang sudah menggunakan ukuran dalam centimentes, ini penting agar kita tidak kesulitan ketika ingin mengatur margin halaman, karena pada umumnya di indonesia ukuran yang paling umum digunakan adalah centimeters daripada inches.

B. Atur Margin

Oh ya ingat margin untuk skripsi atau karya ilmiah adalah atas 4 cm, kiri 4 cm, bawah 4 cm dan kanan 4 cm, langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih menu Page Layouts > kemudian tekan tombol Margins (sebelah kiri), kemudian pada pilihan yang muncul tekan tombol Customs Margin, agar anda bisa mengaturnya sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.

maka akan terlihat dialog fasilitas untuk mengatur margin seperti gambar di bawah ini:

mengatur margin halaman ms words
Silahkan atur
TOP: 4 cm
LEFT : 4 cm
BOTTOM: 4 cm
RIGHT: 4 cm

Kemudian tekan tombol Ok.

Bagaimana mudah bukan, demikian Cara Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatur Margin Untuk Skripsi atau karya ilmiah di ms words"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel