Cara Menambahkan Nomor di halaman Microsoft Word (MS. Word)

Sebelumnya saya sudah menyajikan artikel tentang bagaimana cara menambahkan halaman baru di ms word, masih tentang panduan microsoft word, kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara menambahkan nomor halaman di ms word.

Cara Menambahkan nomor pada halaman di microsoft word (ms. Word)sebenarnya sangat mudah sekali, itu kalo anda sudah mahir dan terbiasa mengunakan ms word, namun untuk anda pemula saya yakin kemungkinan anda akan sedikit dibuat bingung bagaimana caranya.

Di microsoft word sendiri baik itu ms word lawas seperti ms word 2003, 2007, 2010, maupun ms word versi terbaru seperti ms. word 2013, ms word 2016, posisi penomoran halaman ada 2 jenis, bisa di bagian atas halaman atau bisa juga di bagian bawah, penomoran halaman di bagian atas maupun bagian bawah bisa diletakan di kiri, tengah dan di sebelah kanan.

Selain posisi penomoran microsoft word juga menyediakan berbagai format penomoran, sangat lengkap sekali, anda bisa menggunakan format penomoran angka 1,2,3 dst...., bisa menggunakan format penomoran i, ii, iii, dst...., bisa juga menggunakan a,b,c dst....,

Untuk menambahkan nomor halaman di ms word cukup dilakukan satu kali saja, nomor otomatis akan muncul di setiap halaman dengan beruruatan.

Ketika ingin menambahkan nomor halaman di ms word, tugas anda hanya cukup memilih posisi penomoran, dimana nomor halaman ingin muncul, dan juga format nomor yang ingin digunakan, apakah berformat angka, huruf, format huruf romawi dan format lainnya.

Kali ini saya akan coba menguraikan sebuah tutorial langkah-langkah bagaimana cara memasukan nomor halaman di ms word, apa yang saya uraikan diharapkan dapat membantu anda yang baru pertama kali menggunakan ms word dan ingin menambahkan nomor halaman pada dokumen ms word yang anda sedang kerjakan.

Cara Menambahkan Nomor di halaman Microsoft Word (MS. Word)

Cara menambahkan nomor halaman di ms word yang saya uraikan berlaku untuk semua versi microsoft word yang anda gunakan, baik ms word 2013, ms word 2017, ms word 2010, ms word 2013, maupun ms word 2016.

Langkah-langkah untuk menambahkan nomor halaman pada dokumen microsoft word adalah sebagai berikut:

1. Buka dokomen MS. Word anda

2. Pilih menu insert > page Number

cara menambahkan nomor halaman di ms word

Ada beberapa pilihan posisi nomor halaman yang bisa anda pilih meliputi:
  • Top Of Page, Pilih opsi ini jika Nomor halaman ingin muncul di bagian atas (header) baik itu atas kiri, atas tengah atau atas kanan
  • Bottom Of Page, Pilih opsi ini jika Nomor halaman ingin muncul di bagian bawah (footer), baik itu di bagian bawah kiri, bawah tengah atau bawah sebelah kanan.
  • Page Margin, nomor halaman akan diletakan di margin kiri atau margin sebelah kanan.
  • Current Posisition tersedia di beberapa posisi tertentu.
  • Format page number, memilih format penomoran apakah angka, huruf, abjad romawi dan lain sebagainya.
  • Remove page number, untuk menghapus nomor halaman yang sudah anda masukan sebelumnya.
Untuk menambahkan nomor halaman di ms word, anda tinggal memilih salah satu posisi penomoran di atas, maka nomor pun akan muncul di setiap halaman ms word anda.

Misal sebagai contoh kita memilih Bottom Of Page > Plain Nomor 3( bawah kanan)


Maka Nomor halaman akan muncul di bagian bawah sebelah kanan.

Merubah Format Penomoran ?

Secara default atau bawaan nomor halaman akan berformat angka 1,2,3 dst.... jika anda menginginkan format penomoran yang lain seperti misalnya format romawi i,ii,iii.... atau format a,b,c... maka lankah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. pilih menu insert > page number > Format page number...

format page number

Kemudian pada dialog format page number silahkan pilih page number yang anda inginkan, lalu tekan tombol ok


Format number pada setiap halaman akan menyesuaikan dengan format number yang anda pilih.

Demikian tentang Cara Menambahkan Nomor di halaman Microsoft Word (MS. Word), semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menambahkan Nomor di halaman Microsoft Word (MS. Word)"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel