Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word agar bisa diedit

Dokumen pdf pada umumnya banyak digunakan untuk membuat dokumen-dokumen online atau e-book yang sering di share di internet, PDF dipilih karena mudah untuk di convert atau ditampilkan oleh pengolah halaman web, pdf lebih aman serta ukuran filenya relative kecil.

Walaupun dokumen pdf memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis dokumen lainnya, salah satu kelemahan dokumen pdf secara bawaan adalah isi dokumen tidak bisa diedit secara langsung, tidak seperti halnya microsoft word.

Walaupun isi dokumen pdf tidak bisa diedit bukan berarti memang tidak bisa diedit sama sekali, jika diinginkan sebanarnya bisa, yaitu dengan cara merubah file pdf menjadi dokumen microsoft word, sehingga isi file pdf bisa diedit di dokumen ms word.

Walaupun mengubah file pdf menjadi ms word sangat mudah, ternyata masih banyak pengguna komputer yang belum tahu caranya, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba menguraikan Cara mengubah (Convert) file PDF ke dokumen ms word agar lebih mudah untuk di edit.

Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word agar bisa diedit

Saat ini ada banyak sekali tool-tool pihak ke 3 yang bisa digunakan untuk mengconvert file pdf menjadi microsoft word,  baik online maupun offline.

Berikut beberapa tool converter pdf ke word yang bisa anda gunakan untuk mengconvert dokumen pdf anda ke dokumen microsoft word agar bisa diedit:

1. Menggunakan tool Online

Ada banyak tool online yang bisa anda gunakan untuk menkonversi dokumen PDF menjadi dokumen Word beberapa diantaranya adalah:

a. pdf2doc.com
pdf2doc.com merupakan situs yang dapat membantu melakukan konversi dari file pdf menjadi file microsoft word.


Caranya cukup mudah, anda tinggal membuka situs tersebut, mengupload file pdf anda, lalu mengkonversinya kedalam microsoft word, file microsoft word hasil konversi tinggal anda download saja.

Salah satu kelebihan pdf2doc adalah situs tersebut dapat mengkonversi file pdf lebih dari satu secara sekaligus.

b. smallpdf.com
Situs yang kedua yang bisa anda gunakan untuk mengkonversi file pdf anda menjadi dokumen microsoft word adalah smallpdf.com.


Kelebihan yang ditawarkan oleh situs smallpdf.com adalah bisa mengkonversi file pdf yang tersimpan di komputer, di google driver maupun di dropbox.

Jadi untuk anda yang kebetulan punya file pdf yang masih tersimpan secara online seperti di dropbox ataupun di google drive, maka anda bisa mengkonversinya menjadi mivrosoft word dengan bantuan smallpdf.com ini.

c. Situs converter lainnya.
Anda juga bisa mencoba situs converter lainnya yang dapat membantu anda melakukan conversi dari pdf ke word.

Ada banyak sekali situs converter yang tersedia di internet secara online, silahkan cari saja di google dengan kata kunci pencarian convert pdf to word, maka anda akan menemukan banyak sekali alamat-alamat situs konversi yang siap untuk digunakan secara gratis.

Seperti terlihat pada ilustrasi gambar hasil pencairan google di bawah ini:

2. Menggunakan tool/software Offline

Cara konversi pdf ke word yang paling praktis menurut saya adalah menggunakan situs-situs online seperti yang saya jelaskan di atas, karena bisa digunakan oleh sistem operasi Mac OS maupun windows, namun jika anda kurang suka, anda pun sebenarnya bsia menggunakan bantuan software offline.

Ada banyak sekali software atau aplikasi offline yang dapat digunakan untuk menkonversi file pdf menjadi dokumen ms word, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Konverter PDF to Word untuk MacOs / Apple
Untuk anda pengguna sistem operasi MacOs atau Apple notebook/laptop anda bisa menggunakan software berikut untuk membantu mengconversi pdf ke word:
  • PDF Element
  • Soda PDF
  • Adobe acrobat DC Pro
Bisa anda dapatkan di situs ini

b. Converter PDF to Word untuk Pengguna Windows
Sedangkan untuk anda pengguna windows yang ingin mengkonversi pdf ke word secara offline menggunakan software konverter, maka software yang bisa anda gunakan diantaranya:
  •  Foxit Editor
  • Adobe Acrobat DC pro
 Bisa anda cari di internet.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk merubah (convert) file pdf menjadi dokumen microsoft word, jadi ada 2 alternatif yang bisa anda pilih bisa menggunakan tool online maupun menggunakan tool offline.

Menurut saya yang paling praktis adalah menggunakan bantuan tool-tool online tanpa harus menginstalnya di komputer anda.

7 Responses to "Cara Merubah (Convert) File PDF Ke Word agar bisa diedit"

  1. sist..bro..udah saya coba langkah di atas tp hasil nya hanya masuk di halaman word ,file tetap dak bs di edit ,protected view, enable editing...ada solusi? need help pls

    ReplyDelete
  2. itu semua sudah dicoba..gk da yang bisa edit,kalo buat berita yang betul lah..jangan cuma untuk mencari view....judul sama isi gk sama..alias hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak hoax ah., kan cara generate ke pdf itu ada 2 cara bisa dari hasil scan dan bisa dari word ke pdf.

      Jika hasil scan berarti konten di dalam pdf adalah gambar, meskipun di convert ke word tetap akan menghasilkan gambar yang terpampang dalam halaman dokumen word, ini bagaimanapun tidak bisa diedit.

      Jika pdf dibuat hasil dari convert ms word ke pdf, ketika diconvert lagi ke word, nah ini baru bisa diedit.

      Saya gak ada masalah kok. Tapi memang seperti itu.. jika pdf dari hasil scan gak bakalan bisa diedit.

      Delete
  3. Jika ketika dokumen word terbuka ada tulisan protected dokumen dan ada tombol Enable Editing, klik saja tombol tersebut agar bisa diedit.

    ReplyDelete
  4. adakah cara file scan bisa di edit bung?mhn respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake cara online di https://www.pdffiller.com

      Delete

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel