Cara Mengatasi Hasil print kecil pada Ms Excel (2007, 2010, 2013, 2016)

Anda mungkin pernah mengalami pada saat mencetak sebuah lembar kerja di microsoft excel, kok hasil cetakannya berubah menjadi kecil, padahal halaman yang akan dicetak sudah di atur dengan benar dan sesuai dengan kertas yang digunakan, tapi kok tetap saja hasil print mengecil.

Saya juga pernah mengalaminya, terutama pada saat ingin mencetak dokumen excel hasil pekerjaan orang lain, ya mungkin karena dokumen orang lain, di dalamnya sudah ada setingan yang diubah dan disesuaikan sehingga berpengaruh pada hasil print yang menjadi kecil.

Di artikel sebelumnya saya pernah menjelaskan mengenai bagaimana cara print excel agar halaman tidak terpotong. masih membahas mengenai printing excel, di artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara print excel agar tidak kecil, ini berlaku untuk pengguna microsoft excel 2007, ms excel 2010, 2013 maupun 2016.

Perlu diketahui, ketika kita ingin mencetak worksheet ms excel, ada 2 opsi yang harus kita lakukan agar hasil cetakan kelihatan rapih dan sesuai dengan luas keretas yang digunakan, yaitu sebagai berikut:
  1.  Yang pertama adalah dengan mengatrur lebar kolom-kolom dan baris data yang ingin diprint.
  2. Yang kedua adalah menggunakan fitur Scale pada menu page layout.

Untuk lembar kerja dengan jumlah kolom sedikit, cara terbaik yang bisa kita lakukan agar hasil cetakan sesuai dengan lebar kertas yang digunakan adalah dengan cara mengatur lebar kolom dan baris data excel yang dibuat, sehingga semua data bisa dicetak dalam satu halaman penuh dan hasil cetakan kelihatan rapih.

Namun untuk lembar kerja excel dengan data yang banyak serta memanjang ke samping dan panjang, agar data pada lembar kerja tersebut bisa dicetak seluruhnya dalam satu halaman penuh (full keretas) sesuai dengan luas keretas, alternatif yang bisa dipilih adalah dengan mengatur scale pada menu page layout, sehingga data pada lembar kerja ms excel bisa dicetak dalam 1 kertas.

Pengaturan scale ini akan mempengaruhi pada hasil print/hasil cetakan, teks maupun kotak-kotak table excel yang dicetak ukurannya tidak akan sesuai dengan ukuran normalnya, bisa lebih kecil maupun lebih besar tergantung nilai scale yang digunakan. sehingga anda jangan heran ketika hasil print ms excel menjadi kecil atau besar.

Oleh karena itu ketika anda mencetak dokumen ms excel namun hasil cetakan kelihatan lebih kecil/mengecil atau lebih besar dari ukuran sebenarnya yang anda atur, kemungkinan ada pengaturan pada nilai scale yang tidak anda sadari sebelumnya,sehingga untuk membuatnya menjadi normal anda harus memberikan nilai 100% pada nilai scale tersebut.

Cara Mengatasi Hasil print kecil pada Ms Excel (2007, 2010, 2013, 2016)

Untuk anda yang mengalami masalah ketika print lembar excel hasilnya kecil, maka penyebabnya kemungkinan nilai scale yang digunakan untuk lembar kerja dokumen excel anda bukan 100%, mungkin nilainya kurang dari 100% sehingga hasil print atau cetakan menjadi lebih kecil.

Langkah-langkah untuk mengatasi agar print excel tidak kecil dan kembali ke ukurang normal adalah sebagai berikut:

1. Buka lembar kerja microsoft excel anda.

2. Masuk ke menu Page layout, kemudian atur nilai scale menjadi 100% agar cetakan normal kembali.


Cara di atas dapat anda gunakan pada microsoft word 2003, 2007, 2010, 2013 maupun 2016, karena tata letak pengaturan untuk versi ms excel sepertinya sama.

Oh ya Pengaturan nilai scale tersebut dapat anda gunakan untuk menyesuaikan hasil cetakan bisa dicetak pada satu halaman penuh sesuai dengan kertas yang digunakan, silahakan anda atur nilai scale tersebut agar hasil cetakan tidak terpotong dan besar serta sesuai dengan yang anda inginkan.

Demikian cara mengatasi hasil print microsoft excel kecil, semoga membantu.



0 Response to "Cara Mengatasi Hasil print kecil pada Ms Excel (2007, 2010, 2013, 2016)"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel