Cara agar mail merge tanggal dan angka desimal tidak berubah sesuai data excel

Hari ini saya ingin membagikan sebuah cara yang berkaitan dengan mail merge pada microsoft word, apa yang akan saya bagikan adalah mengenai cara menampilkan data excel di word melalui teknik mail merge untuk data yang memiliki format khusus seperti data angka atau data tanggal.

Kita tahu kan jika kita bekerja di microsoft excel, untuk data tanggal atau data angka kita bisa sesuaikan atau kita atur formatnya, seperti misalnya angka 1000000, bisa kita kita atur formatnya hingga tampil menjadi 1.000.000,00 ada pemisah titik dan koma atau menjadi Rp 1.000.000 dan format lainnya.

begitu juga ketika kita ingin menampilkan tanggal, kita juga bisa memilih format yang tanggal sesuai dengan tanggal indonesia yang kita inginkan.

pengaturan format cell di microsoft excel sebenarnya sangatlah mudah, karena fiturnya sudah disediakan dan mudah sekali untuk digunakan.

Namun permasalahan bisa terjadi, mana kala data dari microsoft excel yang sudah kita buat tersebut, ingin kita tampilkan di microsoft word melalui fitur mail merge. Untuk data excel dalam bentuk teks yang tidak diformat, tidak ada masalah, namun masalah muncul pada saat data exel yang ingin ditampilkan adalah data yang sudah kita atur formatnya, ya sepeti data angka dan tanggal yang sudah di jelaskan di atas.

Karena pada umumnya data-data excel yang sudah kita atur formatnya, pada saat ditampilkan di micorosft word melalui mail merge, maka data tersebut akan kembali ke bentuk dasarnya, akhirnya tampilan data tersebut tidak seperti yang kita inginkan.

Seperti misalnya:
data di microsoft excel yang sudah di format tampilannya : Rp 1.000.000,00

Nah pada saat data tersebut di tampilkan di microsoft word melalui mail merge maka tampilannya menjadi : 1000000

Tampilannya jadi kembali ke originalnya tanpa ada format titik kompa dan simbol mata uangnya. dan bukan hanya untuk angka saja, data dengan format tanggal dan data dengan format lainnya pun akan tampil tidak sesuai pada saat data excel tersebut ditampilan melalui mail merge.

Membuat tampilan data mail merge di word formatnya sama dengan  data excel (untuk angka dan tanggal)

Untuk sebagian besar pengguna, microsoft word banyak yang mengalami permasalahan tersebut, tapi sebenarnya permasalahan tersebut bisa di atasi jika tahu caranya.

Ini untuk anda yang kebetulan sedang membuat data di word menggunakan mail mege dengan data source microsoft excel dan mengalami masalah di atas, langkah-langkah untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan anda buat dulu data source atau sumber data source mail mergenya di microsoft excel, terserah apapun versi microsoft excel yang anda gunakan bisa ms word 2007, 2010, 2013 maupun 2016
.
Contoh datanya misalnya seperti gambar di bawah ini:


Data excel yang saya buat adalah data angka yang sudah diformat dengan format currency, dan data tanggal yang sudah saya format dengan format tanggal di atas.

2. Sekarang buka microsoft word untuk mengambil data excel tersebut melalui teknik mail merge.
Agar format data di excel pada saat ditampilkan di word melalui mail merge tampilannya sama seperti data excel di atas. Maka langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Tampilkan dialog Word Options.
  • Untuk pengguna microsoft word 2007, caranya silahkan tekan tombol ALT + F, lalu tekan tombol I pada keyboard anda.
  • Sedangkan untuk pengguna ms word versi terbaru yaitu ms word 2010, 2013 atau ms word 2016, untuk memunculkan word options dialog caranya adalah : Tekan tombol ALT + F, lalu menekan tombol T.
Pada dialog word options, pilih menu > General Centang opsi "Confirm file format Convertion On Open".


Selanjutnya Ok.

3. Sekarang kita lakukan mail merge.
a. Pilih menu mailing > Start mail merge > pilih leters misalnya

b. Selanjutnya pilih menu Mailings > Select Receipens > Use Existing List

Silahkan pilih file microsoft excel yang sudah anda buat sebelumnya untuk data source mail merge microsoft word yang sedang anda buat.

Nanti akan muncul, dialog seperti gambar di bawah ini:


 c. Centang opsi Show All, lalu pilih Opsi MS Excel Worksheets via DDE (*.xls), selanjutnya tekan tombol OK.

d. Selanjutanya silahkan amibl data excel melalui menu Mailing > Insert Merge fields dan pilih data yang ingin anda masukan.

Dengan cara di atas maka data di microsoft word hasil mail merge akan menampilkan format data yang sama sesuai dengan tampilan di microsoft excel.

Kurang lebih hasilnya di microsoft word terlihat seperti gambar di bawah ini:


 Akhirnya data yang muncul di micorosft word hasil mail merge terlihat sama presis seperti tampilan data yang ada di microsoft excel.

Itulah tentang  Membuat tampilan data mail merge di word formatnya sama dengan  data excel (untuk angka dan tanggal), semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara agar mail merge tanggal dan angka desimal tidak berubah sesuai data excel"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel