Cara merubah ukuran margin dari Inchi ke cm di microsoft word 2007,2010,2013 dan 2016

Ketika aplikasi microsoft word baru diinstal dan pertama kali digunakan, baik microsoft word 2007, ms word 2010, 2013 maupun ms word 2016, maka secara bawaan format ukuran satuan unit  yang digunakan adalah inchi.

Ukuran inchi tersebut sebenarnya tidak umum digunakan di negara indonesia, sehingga kita akan dibuat bingung ketika ingin mengatur dan menentukan hal-hal yang berkaitan dengan ukuran, seperti ketika ingin mengatur margin halaman, atau mengatur ukuran halaman, karena yang diminta oleh aplikasi ms word adalah ukuran dalam format inchi.

Ukuran inchi yang secara bawaan digunakan oleh microsoft word tersebut banyak memberikan kesulitan kepada pengguna terutama pengguna indonesia pada saat pengguna ingin mengatur ukuran margin keretas, atau ukuran keretas, dikarenakan ukuran inchis tidak umum di gunakan di indonesia.

Tapi untungnya format ukuran yang digunakan di microsoft word bisa kita modifikasi untuk diubah sesuaikan sehingga kita bisa memilih format ukuran yang cocok sesuai dengan yang kita inginkan.

Microsoft word sendiri menyediakan beberapa format ukuran yang bisa kita atur dan kita tetapkan untuk digunakan di aplikasi ms word, yaitu : inches, centimeter, milimiters, picas, dan points.

Pengaturan format ukuran tersebut sebenarnya sangat mudah sekali, namun banyak pengguna yang belum mengatahu caranya, oleh karena itu untuk memberikan informasi tambahan, maka di artikel kali ini saya akan coba menguraikan bagaimana cara mudah merubah ukuran margin dari inchi ke cm di microsoft word, baik microsoft word 2007, 2010,2013 maupun 2016.

Cara merubah ukuran margin dari Inchi ke cm di microsoft word

Langkah-langkah untuk merubah format ukuran aplikasi microsoft word agar bisa menggunakan  centimeter adalah sebagai berikut:

1. Buka Words Option dialog di ms word anda

a. Untuk pengguna microsoft word 2007, caranya silahkan tekan tombol ALT + F, lalu tekan tombol I pada keyboard anda.

b. Sedangkan untuk pengguna ms word versi terbaru yaitu ms word 2010, 2013 atau ms word 2016, untuk memunculkan word options dialog caranya adalah :

Tekan tombol ALT + F, lalu menekan tombol T.

Maka akan muncul words options dialog seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


2. Ubah Format inchis ke centimeter

Selanjutnya,  ubah format inchis ke centimeter atau CM, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pilih menu advanced di bagian bilah sisi kiri

b. Pada bagian kanan scroll hingga anda menemukan opsi display.

c. Pada bagian "show measurement in unit of:, pilih Centimeter

 Terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


Dengan merubah format ukuran inchi ke centimeters, maka aplikasi ms word anda untuk hal-hal yang berkaitan dengan ukuran seperti mengatur ukuran margin halaman,  ukuran halaman baik untuk skripsi, makalah atau dokumen lainnya akan menggunakan ukuran centimeter, shingga anda tidak akan kesulitan ketika menentukan ukuran.

Demikian mengenai Cara merubah ukuran margin dari Inchi ke cm di microsoft word, semoga membantu.


3 Responses to "Cara merubah ukuran margin dari Inchi ke cm di microsoft word 2007,2010,2013 dan 2016"

  1. Mohon bimbingan.,bagaimana cara menggunanakan ms word di hp.untuk merubah jarak yg diatas ke jarak di bawahnya agar tidak terlalu jarang .terima kasih

    ReplyDelete
  2. terimaksih banyak sangat membantu untuk pemula seperti saya

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banyak...ini sngat membantu🙏😇

    ReplyDelete

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel