Cara Membuat Garis seperti pada buku tulis di ms word (2007,2010,2013,2016)

Sebenanarnya jika kita ingin kertas bergaris kita bisa menggunakan kertas folio yang bisa kita beli di toko-toko buku, namun terkadang dengan alasan tertentu kita menginginkan membuat garis untuk kertas hvs atau buram, sehingga kertas hvs yang tadinya kosong dapat memiliki garis seperti layaknya garis-garis pada buku tulis.

Ada 2 alternatif sebenanrya ketika kita ingin membuat garis di kertas hvs, bisa secara manual menggunakan mistar dan alat tulis, atau dengan cara di cetak menggunakan komputer, tentu saja yang paling cepat, praktis dan hasilnya rapih adalah menggunakan bantuan komputer.

Untuk membuat kertas hvs memiliki garis seperti layaknya buku tulis, maka kita bisa membuatnya menggunakan microsoft word, baik ms word 2007,2010,2013 maupun ms word 2016.

Di microsoft word sendiri untuk membuat garis-garis ada beberapa alternatif yang bisa kita gunakan, namun yang paling cepat dan mudah untuk membuat garis adalah menggunakan karakter khusus.

Di artikel sebelumnya saya pernah menyajikan bagaimana cara membuat garis di ms word, masih mengenai cara membuat garis, di artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara membuat garis seperti buku tulis untuk diprint pada kertas HVS kosong.

Cara Membuat Garis seperti pada buku di ms word

Sebelum membuat garis seperti pada buku tulis, saya sarankan anda membaca terlebih dahulu artikel mengenai cara membuat garis di ms word, silahkan baca artikel tersebut maka anda akan mengetahui beberapa cara membuat garis di ms word.

Langkah-langkah membuat garis seperti pada buku di ms word adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi ms word.

2. Buat lembar dokumen baru

3. Pada lembar dokumen klik pada baris dimana anda ingin memulai membuat garis.

4. Untuk membuat garis anda bisa menggunakan beberapa format karakter seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


 5, Buat garis
Dengan cara di atas, buat garis-garis satu persatu sampai penuh sehingga membentuk garis-garis seperti pada lembar buku tulis.

Misal kita menggunakan karakter min (-) sebanyak 3 kali (---) lalu menekan enter.

Caranya:

a. pada lembar dokumen ms word kosong, letakan kursor mouse pada sudut kiri paling atas, kemudian ketikan karakter min (-) sebanyak 3 kali ---, lalu tekan enter.

b. di baris berikut ketikan lagi karakter - sebanyak 3 kali ---, lalu tekan enter,.. begitu seterusnya hingga memenuhi area kosong dokumen ms word anda sesuai dengan yang diinginkan.

6. Rapikan jarak antar baris.
Terakhir setelah pembuatan baris-baris selesai, rapikan jarak setiap baris,
Caranya:

a. Tekan CTRL + A, lalu pilih menu home > kemudian ubah ukuran text sesuai dengan yang anda inginkan, semakin besar umumnya akan semakin memperlebar jarak setiap baris.


Hasilnya kurang lebih akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


7. Jika pembuatan baris sudah selesai, maka anda bisa mencetaknya pada kertas HVS atau kertas buram.

Cukup mudah bukan !

Oh ya anda juga bisa menggunakan jenis garis lainnya, seperti yang dijelaskan pada gambar di atas.

Itulah cara membuat garis seperti pada buku tulis di ms word,  selamat mencoba :)

1 Response to "Cara Membuat Garis seperti pada buku tulis di ms word (2007,2010,2013,2016)"

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel