Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal

Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal - Sebenarnya daftar isi dibuat untuk memudahkan pembaca menemukan sub-sub bagian dalam sebuah dokumen baik itu dokumen skripsi, tesis, makalah, proposal, buku bacaan, karangan ataupun dokumen lainnya, sebuah dokumen yang memiliki banyak halaman sangat penting sekali untuk dibuatkan daftar isi agar lebih mudah untuk di navigasi.

Isi dari daftar isi pada dasarnya adalah judul-judul dan sub-sub judul beserta halaman untuk judul dan sub judul tersebut yang ada didalam dokumen, tampilannya biasanya terstruktur, judul menjorok paling kiri, kemudian sub-sub judul menjorok ke kanan sehingga kelihatan rapih.

daftar isi otomatis ms-words
Daftar isi ms words

Di microsoft word versi terbaru baik itu ms word versi 2007, 2013, maupun 2016, sebenarnya sudah disediakan fasilitas otomatis untuk membuat daftar isi, dengan fasilitas ini anda bisa membuat daftar isi hanya dalam hitungan detik dengan beberapa kali klik saja, sayangnya fitur ini kadang terlewat untuk digunakan dikarenakan banyak para pengguna yang belum tau caranya, pada akhirnya mereka memilih cara-cara manual atau cara kurang praktis, misalnya saja menggunakan tabulasi untuk menampilkan titik-titik, atau ditulis langsung secara manual.

Nah di kesempatan kali ini saya akan coba share tentang cara membuat daftar isi dengan sangat cepat, hanya dengan beberapa klik saja maka daftar isi untuk dokumen anda akan otomatis dibuat dengan struktur yang rapi tentunya.

Persiapan Sebelum membuat daftar isi otomatis di ms Word

Berikut adalah persiapan untuk membuat daftar isi otomatis baik di microsoft word 2016, 2013, 2010 maupun microsoft word 2007 yang bisa anda gunakan untuk daftar isi makalah, proposal, skripsi ataupun dokumen lainya.

Persiapan membuat daftar isi otomatis adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan aturan penulisan judul dan sub judul dalam dokumen
Jika judul yang anda buat ingin dibuat 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tapi harus tekan tombol shift+enter agar si text pindah ke baris berikutnya, karena jika menekan enter saja, maka akan berpengaruh ke daftar isi yang tidak rapi.

Misal saya ingin membuat judul BAB I PENDAHULAN, tapi saya ingin  tulisan BAB I ada di atas dan tulisan PENDAHULUAN di bawahnya, misal seperti di bawah ini

BAB I
PENDAHULUAN

Biasanya agar pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (semoga anda paham)

2. Judul Bab dan sub-sub judul Bab harus menggunakan Format Heading
Memang pada umumnya judul-judul yang dibuat biasanya menggunakan ukuran font besar kemudian ditebalkan (Bold), tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis Judul-judul harus disajikan menggunakan heading.

Untuk judul bab menggunakan format heading 1, dan sub-sub bab menggunakan heading 2 jika sub-sub judul memiliki sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.


Cara agar text judul dan sub-sub judul menggunakan format heading adalah sebagai berikut:

Pilih tulisan judul yang ingin diformat kemudian blok (seleksi), kemudian Tekan menu home, kemudian klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, seperti gambar di bawah ini:

group styles ms word

Dengan menekan menu heading, maka tampilan tulisan judul akan sesuai dengan format heading yang digunakan.

Silahkan format judul dan sub-sub judul menggunakan heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, jika sub judul memiliki sub-sub judul lainnya maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.

3. Modifikasi format Heading
Heading secara default memiliki warna text biru muda, agar warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan kita harus memodifikasinya terlebih dahulu sebelum heading tersebut digunakan untuk format judul dan sub-sub judul.

Caranya pilih menu home, kemudian lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan modifikasi dulu format heading-heading yang tersedia agar sesuai dengan yang kita inginkan.

Misal heading 1, saya ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih menu modify, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

modifikasi heading ms word


Pada dialog pengaturan silahkan anda atur agar heading yang nanti akan kita gunakan untuk memformat tulisan sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.

Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,pastikan bahwa judul bab dan sub-sub judul bab sudah diformat menggunakan heading1,2,3....


Langkah-langkah membuat daftar isi Otomatis secara cepat

Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun proposal), judul bab dan sub-sub judul bab sudah menggunakan format heading. langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi otomatis.

1. Ingat daftar isi yang dibuat harus didalam dokumen yang sama, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin membuat halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut kemudian tekan tombol CTRL+SIFT+ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.

2. Pilih menu preferensece kemudian pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih tampilan daftar isi pada menu yang tersedia.

daftar isi otomatis ms words

Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat seperti ilustrasi gambar di bawah ini (hanya sekedar contoh):
daftar isi

Silahkan Tulisan Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda inginkan misalnya Daftar Isi.

Jika terjadi perubahan judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan tulisan dan lain sebagainya, maka setelah selesai dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tekan tombol Update Table... yang muncul. ini agar daftar isi melakukan perubahan sesuai dengan perubahan halaman yang terjadi.

***

Daftar isi yang dibuat dengan cara ini maka, setiap daftar isi bisa diklik, dan jika diklik akan menuju ke halaman yang dimaksud.


Itulah artikel tentang  Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi, proposal, semoga bermanfaat.



2 Responses to "Cara Cepat Membuat Daftar Isi Otomatis di ms Word untuk makalah, skripsi dan proposal"

  1. Matur suwun atas informasinya ^_^

    ReplyDelete
  2. Jihaaaa... ngikutin step by step nya mudah bingit... makasi yaaak

    ReplyDelete

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel