Cara Membuat Nomor urut otomatis pada MS Excel

Cara Membuat Nomor urut otomatis pada MS Excel - Microsoft excel adalah salah satu produk dari microsoft yang cukup handal untuk menangani segala bentuk pengolahan data yang melibatkan angka-angka, ketika kita bekerja dengan microsoft excel, kita tidak perlu menggunakan alat bantu hitung seperti kalkulator, karena microsoft excel sudah dilengkapi mesin penghitung canggih didalamnya, apa yang harus kita lakukan ketika berinterksi dengan microsoft excel adalah mengintruksikan mincrosoft excel agar bisa memproses apa yang kita inginkan, intruksi ms excel adalah dalam bentuk formula atau rumus-rumus hitung yang sudah disediakan dan dikenali oleh ms excel.

Ketika kita memproses data dengan ms excel, ada salah satu hal bisa dianggap spele namun sangat sering kita lakukan, itu adalah no urut, didalam melakukan proses data, no urut sering dilibatkan, untuk memproses no urut di excel sebenarnya tidak perlu dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan mengetikan 1,2,3,4 ... dst, cara manual mungkin bisa kita lakukan untuk kasus dengan jumlah data yang sedikit, namun untuk jumlah data yang jumlahnya sangat banyak proses tersebut tentu saja akan melelahkan dan bukan cara yang efektif, apalagi harus dilakukan secara manual dengan memasukan no urut satu-persatu.

 Cara membuat no urut otomasi di MS Excel

Sebenarnya proses untuk no urut bisa di proses secara otomatis, meskipun sangat mudah, tetapi untuk sebagian orang yang belum mengerti caranya ini akan dianggap sulit, oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara membuat no urut otomatis pada ms excel, berikut langkah-langkahnya:

1. aktifkan ms excel anda.

2. Mulailah dengan menuliskan no urut pada cell yang berurutan, mulai dengan 1 kemudian cell berikutnya 2, cukup dua no urut saja. kemudian pilih kedua cell tersebut seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Membuat no urut otomatis dengan microsoft excel


3. Seperti terlihat pada gambar diatas, pada cell-cell yang terpilih, seret atau tarik cell tersebut dengan menarik kotak kecil hitam yang berada di sudut kanan bawah seperti ditunjukan oleh arah panah pada gambar, tekan pakai mouse kemudian tradik atau drag ke bawah sampai mendapatkan no urut  yang diinginkan, sehingga akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat no urut otomasi di ms excel

Sampai tahap tiga diatas berarti anda sudah selesai membuat penomoran otomatis di ms excel, cukup mudah bukan, silahkan untuk dipraktekan dan untuk diingat setiap langkahnya.

Proses diatas berlaku bukan hanya di excel 2007 namun untuk excel 2010, 2013 dan versi paling baru, juga bisa menggunakan cara tersebut.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya bagikan untuk anda tentang Membuat Nomber urut otomatis paga MS Excel, semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara Membuat Nomor urut otomatis pada MS Excel"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel