Cara Menyembunyikan baris (rows) atau kolom (columns) ms excel

Untuk beberapa kasus terkadang beberapa baris (rows) atau kolom (cols) di lembar kerja microsoft excel perlu disembunyikan, untungnya ms excel lengkap sekali dengan berbagai fitur dan sangat mudah sekali digunakan termasuk cara menyembunyikan sebagian baris atau column.

Untuk menyembunyikan sebagian baris atau kolom di ms excel sebenarnya sangat mudah sekali, tapi sayangnya banyak pengguna ms excel terutayang baru mengenal masih belum tau mengenai caranya, bahkan terkadang untuk beberapa pengguna yang sudah mengenal pun pada prakteknya hanya tau cara yang tergolong tidak praktis.

Untuk menyembunyikan kolom atau baris ms excel ada 2 cara, yang pertama satu per satu dan cara yang kedua secara sekaligus, yang paling prakis dan cepat adalah cara ke 2 secara sekaligus.

Untuk anda yang belum mengetahui cara menyembunyikan atau hidden baris maupun beberapa kolom pada lembar kerja ms excel anda bisa mengikuti cara yang saya uraikan di bawah ini.

Cara Menyembunyikan sebagian baris atau kolom ms excel

Berikut cara yang dapat anda gunakan untuk menyembunyikan / hide sebagian baris atau kolom pada lembar kerja ms excel:

1. Menyembunyikan column atau Kolom MS Excel

Untuk menyembunyikan satu atau beberapa kolom ms excel adalah sebagai berikut:

Cara ke #1 : Menyembunyikan satu kolom
Klik saja pada header kolom atau header baris yang ingin anda sembunyikan, lalu klik kanan kemudian pilih menu hide, seperti gambar di bawah ini:

Contoh di atas misalnya ingin menyembunyikan kolom F, anda tinggak klik kanan saja di header kolm F, pada menu yang muncul lalu pilih menu Hide, kolom F pun akan tersembunyi.

Sayangnya cara ini lama jika kolom yang akan di hide jumlahnya banyak.

Cara ke #2: Menyembunyikan banyak kolom
Cara kedua menurut saya paling praktis karena bisa digunakan untuk banyak kolom baik berurutan atau pun tidak. Langkah-langkah untuk menyembunyikan kolom ms excel adalah sebagai berikut:

Misal kolom ms excel yang akan kita sembunyikan kolom C, E, F, G dan H,

a. Langkah pertama anda harus menyeleksi kolom-kolom yang akan di hide tersebut.

b. Karena kolom yang akan diseleksi tidak berurutan, silahkan tekan dan tahan tombol CTRL kemudian klik pada kolom C, E, F, G dan H sampai terseleksi.

c. Setelah terseleksi arahkan mouse tepat di atas salah satu kolom terseleksi, lalu klik kanan dan pilih menu hide. terlihat seperti gambar di bawah ini:

Cara menyembunyikan banyak kolom ms excel sekaligus

Dengan menekan menu hide, maka kolom yang terseleksi akan di sembunyikan.

Oh ya jika Kolom yang ingin disembunyikan berurutan, anda tidak usah sambil menekan tombol CTRL pada keyboard, cukup seleksi saja kolom-kolomnya langsung. sampai terseleksi.

2. Menyembunyikan row atau baris MS Excel

Untuk menyembunyikan beberapa row atau baris di ms excel caranya tidak jauh berbeda dengan menyembunyikan kolom di atas, namun yang anda seleksi adalah baris ms excel yang ingin anda sembunyikan.

Sebagai contoh misal saya akan menyembunyikan baris ms excel dari mulai baris 4 sampai 10, maka langkah pertama adalah , menyeleksi ke 4 header baris tersebut, arahkan mouse tepat di atas header baris yang terseleksi, lalu klik kanan, lalu pilih menu Hide.

menyembunyikan baris ms excel




Lihat gambar di atas, saya seleksi header baris 4 sampai 10, lalu pada salah satu header baris (kalo di agambar yang dipilih header baris ke 7) silahkan klik kanan, akan muncul menu lalu pilih menu Hide.

Baris-baris yang terpilih pun akan disembunyikan.

Baca juga bagaimana cara Menampilkan kembali kolom atau baris ms excel yang disembunyikan


Demikian cara menyembunyikan Cara Menyembunyikan sebagian baris atau kolom ms excel. semoba membantu.


0 Response to "Cara Menyembunyikan baris (rows) atau kolom (columns) ms excel"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel