Cara mudah memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel
Cara mudah memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel - Sebelumnya saya pernah menyajikan bagaimana cara membuat nomor urut otomatis di microsoft excel, masih seputar microsoft excel kali ini saya akan coba berbagi tutotial bagamana cara memberikan nomor halaman / page number di setiap halaman microsoft excel yang akan dicetak.
Nomor urut halaman pada sebuah dokumen memang sangat penting, apalagi dokumen yang kita buat merupakan dokomen resmi, di microsoft word memberikan nomor halaman atau page number memang sangat mudah, hanya beberapa langkah saja nomor urut akan muncul.
Beda halnya dengan ms excel, memberikan nomor urut halaman di setiap halaman microsft excel memang tidak semudah di ms word, perlu beberapa langkah untuk menyelesaikannya. untuk yang sudah mahir tentu ini bukanlah perkara sulit namun untuk pemula saya rasa akan sidikit dibuat bingung, karena memang fasilitas pemberikan page number di ms excel sedikit tersembunyi.
Untuk anda yang kebetulan pemula dan belum banyak pengalaman mengoperasikan microsoft excel dan anda saat ini sedang bingung cara memberikan page number di lembar dokumen ms excel yang akan anda cetak, maka melalui artikel ini saya akan berikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat nomor halaman berurutan di ms excel.
1. Aktifkan dan buka dokumen ms excel yang ingin anda berikan page number.
2. Pilih menu page layout > lalu tekan tombol page setup di pojok kanan bawah
3. Pada dialog page setup, pilih tab Header & Footer, tanpilannya seperti gambar di bawah ini :
Pada halaman page setup seperti gambar di atas, ada 2 pilihan untuk memberikan nomor halaman yakni tombol custom header dan tombol custom footer,
Jika anda ingin memberikan halaman di bagian atas setiap lembar dokumen, maka silahkan tekan tombol Custrom Header.
Atau tekan tombol Custom Footer...jika menginginkan page number muncul di bagian bawah halalaman.
Sebagai contoh misal kita akan mencoba memberikan number di bagian bawah halaman, maka yang harus diklik adalah tombol Custom Footer, selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Pada dialog di atas, ada 3 bagian kotak isian seperti yang diberikan kotak merah di atas, yaitu :
Maka pada kotak tersebut aka muncul text &[Page].
Silahkan tekan tombol Ok jika selesai.
Sampai langkah di atas, silahkan coba tampilkan print preview untuk dokumen ms excel anda, caranya klik sajamenu file > Print
Tampilan dokomen pun akan muncul page number yang letaknya sesuai dengan posisi yang anda tentukan di pengaturan di atas.
Itulah tutorial sederhana bagaimana Cara mudah memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Nomor urut halaman pada sebuah dokumen memang sangat penting, apalagi dokumen yang kita buat merupakan dokomen resmi, di microsoft word memberikan nomor halaman atau page number memang sangat mudah, hanya beberapa langkah saja nomor urut akan muncul.
Beda halnya dengan ms excel, memberikan nomor urut halaman di setiap halaman microsft excel memang tidak semudah di ms word, perlu beberapa langkah untuk menyelesaikannya. untuk yang sudah mahir tentu ini bukanlah perkara sulit namun untuk pemula saya rasa akan sidikit dibuat bingung, karena memang fasilitas pemberikan page number di ms excel sedikit tersembunyi.
Untuk anda yang kebetulan pemula dan belum banyak pengalaman mengoperasikan microsoft excel dan anda saat ini sedang bingung cara memberikan page number di lembar dokumen ms excel yang akan anda cetak, maka melalui artikel ini saya akan berikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat nomor halaman berurutan di ms excel.
Cara mudah memberikan nomor urut halaman atau page number di halaman microsoft excel
Jika anda memiliki dokumen ms excel yang ingin anda cetak dan di setiap halaman ms excel ingin muncul number halaman secara berurutan, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:1. Aktifkan dan buka dokumen ms excel yang ingin anda berikan page number.
2. Pilih menu page layout > lalu tekan tombol page setup di pojok kanan bawah
3. Pada dialog page setup, pilih tab Header & Footer, tanpilannya seperti gambar di bawah ini :
Pada halaman page setup seperti gambar di atas, ada 2 pilihan untuk memberikan nomor halaman yakni tombol custom header dan tombol custom footer,
Jika anda ingin memberikan halaman di bagian atas setiap lembar dokumen, maka silahkan tekan tombol Custrom Header.
Atau tekan tombol Custom Footer...jika menginginkan page number muncul di bagian bawah halalaman.
Sebagai contoh misal kita akan mencoba memberikan number di bagian bawah halaman, maka yang harus diklik adalah tombol Custom Footer, selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Pada dialog di atas, ada 3 bagian kotak isian seperti yang diberikan kotak merah di atas, yaitu :
- Left section, klik disini jika nomor halaman ingin muncul di kiri
- Center section, klik pada bagian ini jika nomor halaman ingin muncul di tengah
- Right section, klik ini jika nomor halaman ingin muncul di bagian kanan.
Maka pada kotak tersebut aka muncul text &[Page].
Silahkan tekan tombol Ok jika selesai.
Sampai langkah di atas, silahkan coba tampilkan print preview untuk dokumen ms excel anda, caranya klik sajamenu file > Print
Tampilan dokomen pun akan muncul page number yang letaknya sesuai dengan posisi yang anda tentukan di pengaturan di atas.
Itulah tutorial sederhana bagaimana Cara mudah memberikan nomor urut halaman (page number) di ms excel, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Kok Setiap halaman Semua nya 1, maksud saya halaman 2,3,4 gitu setiap halaman. gimana caranya?
ReplyDelete