Cara menghapus nomor pad halaman cover di microsoft word

Nomor halaman atau page number adalah salah satu hal penting yang harus kita masukan di dalam sebuah dokumen, nomor halaman dapat membantu pembaca menemukan halaman yang ingin dibaca dengan mudah, selain itu nomor halaman juga menjadi referensi daftar isi yang dapat membantu pembaca mengenali isi sebuah dokumen.

Di artikel sebelumnya saya pernah menguraikan bagaimana cara menambahkan nomor halaman pada setiap lembar dokumen microsoft word, caranya pun ternyata sangat mudah, karena aplikasi microsoft word sudah menyediakan fiturnya.

Dengan fitur tersebut kita bisa memasukan nomor halaman menentukan format nomor halaman yang dipakai (romawi, abc..., 123...dll) juga dapat menentukan letak penomoran, apakah di bagian atas (kiri, tengah, kanan) atau di bagian bawah (kiri, tengah, kanan).

Ketika kita menambahkan nomor halaman di microsoft word, maka secara otomatis halaman-halaman yang terdapat di microsoft word akan menampilkan nomor halaman dengan format dan tata letak yang seragam.

Itu karena memang secara umum dan secara bawaan prilaku dokumen word memang seperti itu, sehingga pemberian nomor halaman dapat dilakukan secara praktis dan sekaligus dengan cepat.

Namun jika diinginkan, nomor halaman dalam satu dokumen bisa saja kita buat berbeda baik format maupun tata letak, atau kita juga bisa menghilangkan nomor halaman pada halaman tertentu saja, seperti misalnya di halaman cover, atau halaman terakhir dokumen yang umumnya tidak memiliki nomor halaman.

Sayangnya pemberikan nomor halaman berbeda di dalam satu dokumen atau penghapusan nomor  halaman pada lembar dokumen tertentu di dalam dokumen ms word tidaklah mudah, perlu langkah-langkah khusus.

Untuk anda yang menginginkan penghapusan nomor halaman pada halaman tertentu di microsoft word, namun anda belum tau caranya maka di artikel kali ini saya akan uraikan caranya.

Cara mudah menghapus nomor halaman pada halaman tertentu di microsoft word

Untuk anda yang ingin menghapus atau menghilangkan nomor halaman di halaman tertentu pada dikumen ms word anda seperti misalnya di halaman cover karya ilmiah anda atau halaman-halaman tertentu yang anda inginkan caranya cukup mudah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Agar halaman Cover tidak ada Numbernya.

Jika apa yang anda inginkan adalah menghilangan nomor halaman cover agar halaman cover dokumen anda tidak berisi nomor halaman, maka langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Pastikan anda belum membuat halaman untuk cover dan pastikan juga nomor halaman belum anda tambahkan.

b. Arahkan kursor pada halaman 1, lalu pilih menu Insert > Cover Page, lalu pilih desain cover yang mendekati desain cover yang anda inginkan (silahkan modifikasi jika diperlukan).

Maka pada dokumen anda akan ditambahkan halaman cover yang akan diletakan pada halaman paling awal.

Lewati langkah b ini jika anda sebelumnya sudah memiliki cover.

c. Klik pada halaman 2 setelah cover, lalu arahkan cursor mouse di atas paling kiri tulisan, kemudian pilih menu page layout > Breaks > Continoues, untuk membuat section break



d. Setelah itu double click di bagian footer atau header halaman 2, lalu pada menu design yang muncul hilangkan seleksi pada Link to Previus


d. Setelah itu pilih menu Insert > page number, lalu pilih tata letak penomoran yang anda inginkan,
Number pun akan muncul di halaman-halaman selain cover sesuai dengan tata letak yang dipilih.

Setelah page nuber dimasukan, silahkan keluar dari mode edit header footer, dengan cara double click di tengah halaman. atau menekan tombol Close header & Footer di menu design.

0 Response to "Cara menghapus nomor pad halaman cover di microsoft word"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel