Cara mudah edit dokumen PDF dan convert ke Ms word secara offline

Dokumen pdf adalah dokumen portable yang banyak digunakan sebagai bentuk dokumen elektronik (e-dokumen / e-book) yang banyak didistribusikan secara online di internet.

Banyak orang lebih memilih untuk membagikan dokumen dalam bentuk format pdf dikarenakan file pdf cukup ringan, aman dan sangat mudah untuk ditampilkan sebagai bacaan online di halaman web.

Dokumen dengan format PDF ini layaknya seperti dokumen microsoft word, namun secara bawaan hanya bisa untuk dibaca dan tidak bisa di edit atau diubah isinya secara langsung.

Walaupun demikian, jika diinginkan sebenarnya dokumen pdf bisa kita edit isinya, namun tidak bisa secara manual, tetapi harus menggunakan tool pihak ke 3 baik yang disediakan secara online maupun offline.

konversi pdf ke word agar bisa diedit

Salah satu software editor pdf offline yang cukup banyak dikenal beberapa diantaranya seperti nitro pdf, pdf editor, sedangkan yang sidatnya online misalnya severti pdftoword.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Edit pdf dengan software offline tersebut sebanrnya kurang praktis, karena kita harus mencari dan memasang software trsebut di komputer kita hanya untuk mengedit file pdf.

Tapi untungnya saat ini mengedit dokumen bukan lagi suatu hal yang sulit, caranya yaitu dengan menggunakan microsoft word 2013 ke atas. dengan microsoft word versi 2013 ke atas anda tidak perlu plugin tambahan lagi untuk mengedit dokumen pdf, karena di microsoft word versi tersebut secara bawaan sudah dilengkapi dengan converter pdf to word maupun word to pdf.

Jadi dengan microsoft word versi 2010 ke atas anda bisa meng-convert atau mengkonversi dokumen PDF menjadi dokumen word secara offline untuk di edit, selain itu anda juga bisa dengan mudah menyimpan dokumen ms word anda menjadi file pdf yang siap untuk didistribusikan secara online ke internet.

Bagaimana cara edit dokumen PDF secara offline menggunakan Ms word secara 2013.

Untuk mengedit dokumen pdf di microsoft word 2013 atau microsoft versi setelahnya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan file dokumen pdf yang ingin anda edit.

2.Buka aplikasi ms word di komputer anda.

3. Pilih menu file > Open, lalu silahkan arahkan ke lokasi file pdf yang ingin diedit.

4. Microsoft word akan membantu anda untuk menconversi isi dokumen file PDF menjadi dokumen Microsoft Word. tunggu hingga proses conversi dari pdf ke word selesai.

5. Jika di bagian atas dokumen word muncul tombol Enable Editing, tekan tombol tersebut agar dokumen bisa diedit.

Jika berhasil dokumen word hasil dari conversi dokumen pdf sudah bisa anda edit sesuka Hati.

Setelah diedit anda bisa kembali menyimpan dokumen hasil conversi tersebut menjadi format pdf kembali atau menjadi format document word (docx).

Tekan saja menu File > save as untuk menyimpan dokumen yang sudah diedit tersebut.

Kenapa setelah diconvert dokumen text menjadi berbentuk gambar dan tidak bisa diedit?

Oh ya untuk membuat dokumen pdf terkadang bisa melalui proses scan, misal seperti scan dokumen lalu hasil scan disimpan dalam pdf.

Jika text di dalam dokumen pdf merupakan hasil scan buku maka ketika dokumen pdf tersebut diconversi ke word maka akan kembali menjadi bentuk gambar, sehingga tidak bisa diedit kecuali menggunakan Correl OCR yang dapat membantu text dalam bentuk gambar menjadi text yang bisa diiedit.

Demikian mengenai cara Cara mudah edit dokumen PDF dan convert ke Ms word secara offline, saat ini dengan hadirnya microsoft word versi 2013 ke atas, mengedit file pdf dan mengkonversinya ke format ms word bukanlah suatu hal yang sulit, anda bisa dengan mudah mengkonversinya secara offline tanpa harus menggunakan bantuan software lainnya.


0 Response to "Cara mudah edit dokumen PDF dan convert ke Ms word secara offline"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel