#Cara Membuat dan mengedit watermak di microsoft word (ms word 2000,2003,2010,2013,2016,2019)

Watermark adalah teks atau gambar/logo perusahaan atau brand yang dibuat untuk menghiasi latar belakang sebuah dokumen yang umumnya memiliki warna agak sedikit transparant, watermak akan nampak dibelakang teks pada dokumen.

Watermark sering kita temukan pada halaman dokumen ms word, dokumen pdf atau excel seperti dokumen resmi kantor, makalah, skripsi ataupun dokumen-dokumen lainnya.

Tujuan pembubuhan watermark pada lembar dokumen adalah untuk memberikan identitas pada lembar dokumen atau untuk membuat halaman menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Pada aplikasi ms word baik ms word 2000,2003,2010,2013,2016, 2019, pembuatan watermark terbilang cukup mudah, karena fiturnya sudah disediakan secara khusus, bahkan selain dalam bentuk teks atau tulisan tebal besar, kita juga bisa memasukan gambar sebagai watermark.


Berbicara mengenai watermark, di artikel sebelumnya saya pernah menyajikan artikel tentang bagaimana cara membuat background watermark tulisan banyak (full paper)  di ms word. Masih menyangkut watermark di artikel kali ini saya akan membahas kembali bagaimana cara membuat watermark dan juga memodifikasi atau meng-edit watermark yang sudah kita buat agar sesuai dengan yang kita inginkan.

Namun di artikel kali ini saya akan lebih fokus dan akan menjelaskan secara panjang lebar cara mengedit watermark, seperti mengatur tata letak atau posisi watermark, mengatur transparansi dan mengatur ukuran watermark, sehingga  tampilannya sesuai dengan yang diinginkan

Cara Membuat Watermark

Sebelum kita bahas bagaimana cara memodifikasi atau mengedit watermark, kita harus tahu dulu cara memasukan watermark ke dalam lembar dokumen ms word.

watermark yang bisa kita masukan adalah watermark dalam bentuk gambar atau logo, atau watermark dalam bentuk teks atau tulisan.

A. Cara membuat watermark dari Gambar/Logo

Cara membuat watermark dalam bentuk gambar atau logolangkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
 
1. Untuk pengguna:
  • Word 2007 dan 2010: pilih tab Page Layout, pada grup Page Background, klik Watermark.
  • Word versi 2013 ke atas: pilih menu tab Design, pada grup Page Background, klik Watermark.
2.  Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
  
3. Klik Picture watermark, dan kemudian klik Select Picture.



4. Pilih gambar/logo pada komputer anda yang ingin anda buat sebagai watermark, kemudian klik Insert.

5. Atur persentase ukuran gambar pada Scale.

6. Centang kotak Washout untuk mengatur warna gambar agar lebih transparan sehingga warnanya tidak mengganggu teks pada dokumen.
   
7/ Klik OK bila sudah selesai, watermark akan ditampilkan pada dokumen sesuai dengan gambar yang anda pilih.

B. Cara Membuat Watermark Dalam bentuk Teks atau Tulisan di ms word

1. Untuk pengguna:
  • Word 2007 dan 2010: pilih tab Page Layout, pada grup Page Background, klik Watermark.
  • Word versi 2013 ke atas: pilih tab Design, pada grup Page Background, klik Watermark.

2. Ada 2 jenis format watermark dalam bentuk teks, custom yang kita buat sendiri atau teks watermak yang sudah tersedia:
  • Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential atau Do Not Copy, klik pada teks tersebut.

  • Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.

3. Klik Ok, maka watermark dengan teks atau tulisan yang anda buat akan muncul pada background dokumen ms word anda sebagai gambar watermark.

Cara Mengedit /memodifikasi Watermark di ms word

Saya anggap anda sudah bisa bagaimana cara memasukan watermark  dalam bentuk gambar/logo maupun dalam bentuk teks/tulisandi halaman microsoft word, baik ms word 2003, ms word 2007, ms word 2010, ms word 2013 ms word 2016 mapun ms word versi terbaru 2019 ke atas.

Watermark yang kita buat, secara default akan langsung muncul di tengah halaman dokumen ms word sesuai dengan ukuran tertentu.

Lantas bagaimana cara mengatur, memodifikasi atau mengedit watermark yang sudah kita masukan pada halaman dokumen ms word?, berikut caranya:

Mengedit Watermark
Caranya cukup mudah, langkah-langkah meng-edit watermak adalah sebagai berikut:

#1. Silahkan buat watermark gambar atau teks pada lembar dokumen ms word anda hingga watermark muncul dalam dokumen.

#2. Doubleclick pada header halaman untuk mulai mengedit watermark anda.


Ketika header dalam keadaan aktif, maka anda sudah bisa mengedit watermark yang anda buat, seperti mengatur tata letaknya, merubah warna transparansi juga mengatur ukuran besar kecilnya.

#3. Atur besar dan tata letak watermark anda.
Klik pada gambar watermark  hingga muncul 9 titik kotak warna biru seperti gambar di bawah ini:

  • Untuk mengatur tata letak posisi watermark anda tinggal drag gambar tersebut ke posisi sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Sementara untuk mengatur ukurannya, memperbesar atau memperkecil ukuran watermarknya anda tinggal geser-geser titik kotak kecil warna biru  pada gambar watermark yang anda seleksi hingga sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.

#4. Mengatur Transparansi watermark
Untuk mengatur transparansi watermark anda, klik / seleksi pada gambar watermark anda, lalu pilih menu format yang muncul di tab menu paling kanan.

pada group adjust di sebelah kiri, pilih menu Brightness dan pilih level transparansi yang anda inginkan.



Itulah artikel mengenai cara membuat dan juga mengedit atau memodifikasi watermark di microsoft word, cara di atas berlaku untuk semua ms word dari mulai versi 2000,2003,2010,2013,2016 hingga versi terbaru 2019 dan setelahnya...:D

0 Response to "#Cara Membuat dan mengedit watermak di microsoft word (ms word 2000,2003,2010,2013,2016,2019)"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel