Cara Mengatur spasi antar kata di word 2007,2010,2013 dan 2016

Istilah Spasi di microsoft word umumnya dikenal sebagai jarak antar karakter atau jarak antar baris baris pada setiap paragraf pada dokumen yang diketik di microsoft word, spasi terkadang perlu di atur dan disesuaikan untuk merapatkan atau merenggangkan tulisan yang kita buat, sehingga tampilan tulisan sesuai dengan yang kita harapkan.

Untuk urusan spasi sebenarnya secara default microsoft word sendiri akan menyesuaikan spasi antar karakter ketika teks kita ketikan pada dokumen, biasanya jarak spasi atau kerenggangan antar kata akan menyesuaikan dengan format paragraf yang kita tentukan, apakah rata kiri, rata kanan, tengah atau rata kiri-kanan.

Namun jika diinginkan jarak spasi bisa kita atur sehingga kerapatan antar karakter dalam setiap kata dan juga kerapatan jarak antar baris dalam setiap paragraf sesuai yang kita inginkan.

Untuk mengatur spasi baik sepasi antar karakter setiap kata dan juga spasi antar baris kalimat dalam paragraf microsoft word menyediakan beberapa opsi yang bisa kita pilih dan sesuaikan.

Cara Mengatur spasi antar kata di word 2007,2010,2013 dan 2016

Untuk mengatur spasi pada dokumen microsoft word ada dua kategori yang bisa kita ubah dan sesuaikan, yaitu mengatur sepasi antar karakter dan mengatur sepasi antara baris kalimat dalam paragraf.

A. Mengatur spasi antar karakter 

Jika anda ingin mengatur spasi guna merenggangkan atau merapatkan jarak setiap karakter dalam setiap kata yang kita ketikan di microsoft word secara horizontal maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Jika dokumen sudah lebih dulu diketikan, maka silahkan seleksi dulu teks atau tulisan yang ingi di atur spasinya.

2. Pilih tab Home / Beranda > klik Peluncur Kotak Dialog Font,


3.  Selanjutnya Klik pada tab Tingkat Lanjut/Advanced. (untuk versi word 2007 klik tab Character spacing), terlihat seperti gambar di bawah ini:


Kemudian pada opsi space / penspasian, pilih diperluas jika spasi ingin kelihatan renggang, atau klik dirapatkan jika spasi ingin kelihatan lebih rapat.

Jika anda ingin mengatur spasi antar karakter sesuai dengan jarak spasi yang anda inginkan, maka ceklis pada ospi Rapatkan, kemudian, isi kotak isiannya dengan angka, lalu silahakan sesuaikan angkanya sehingga jarak sepasi sesuai dengan yang anda inginkan.

4. Klik tombol OK untuk melihat hasilnya.


 B. Mengatur Spasi antar Kata di ms word

Selain mengatur jarak spasi antara karakter dalam sebuah teks, microsoft word juga menyediakan fitur untuk mengatur spasi antar kata dalam sebuah kalimat secara horizontal, sehingga jarak spasi antar kata dalam sebuah tulisan bisa dirapatkan atau direnggangkan.

Untuk mengatur spasi antara Kata di dalam dokumen ms word, baik ms word 2007, ms word 2010, 2013 maupun ms word 2016, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih teks atau paragraf yang ingin di atur spasi antar kata nya.

2. Pilih tab Home / Beranda > klik Peluncur Kotak Dialog Font,


3. Selanjutnya Klik pada tab Tingkat Lanjut/Advanced. (untuk versi word 2007 klik tab Character spacing), terlihat seperti gambar di bawah ini:

4. Pada Opsi skala, silahkan masukan skala, Lebih kecil dari 100% akan semakin rapat, lebih besar dari 100% akan kelihatan renggang. 100% normal.


C. Mengatur Spasi Antar baris kalimat dalam paragraf

Selain mengatur spasi antara kata/ karakter secara horizontal, ms word juga menyediakan fitur untuk mengatur spasi antar baris dalam paragraf, untuk merapatkan atau merenggangkan baris-baris tulisan dalam paragraf.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih paragraf yang ingin di atur spasinya

2. Pilih menu Home > Klik peluncur kotak dialog Paragraf

3. Pada opsi line spacing/Spasi baris, silahkan pilih opsi yang tersedia, semakin ke bawah maka spasi akan semakin renggang.


Tutorial di atas bisa anda terapkan untuk beberapa versi microsoft word, terutama microsoft word 2007, 2010, 2013 dan ms word 2016.

0 Response to "Cara Mengatur spasi antar kata di word 2007,2010,2013 dan 2016"

Post a Comment

Ada pertanyaan? jangan sungkan untuk berkomentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel